Ini Obat atau Racun sih !

Label:

Bagikan ke Teman Anda
Kebetulan waktu itu hidung saya tersumbat, dan sudah sehari semalam hidung saya seperti itu. Saya memang jarang minum obat, bukannya tidak suka....tapi saya hanya tidak mau sakit yang ringan seperti pilek ini harus diberi obat. Melihat saya seperti itu pacar saya langsung beli obat di warung depan rumahnya.
"yah cuma ada 3 nih, awas lho ga diminum" sambil menyodorkan obat itu ke saya. Nah sesampainya saya di rumah saya iseng membaca kertas yang ada di obat tadi. "Ini Obat atau Racun sih !" itulah hal pertama yang terlintas di benak saya ketika membaca efek samping dari obat tersebut.
Efek Samping
  •  Mengantuk, gangguan pencernaan, insomnia, gelisah, eksitasi, tremor, takikardi, aritma ventrikuler,mulut kering, palpitasi, sulit berkemih.
  •  Penggunaan dosis besar dan jangka panjang menyebabkan kerusakan hati.
Interaksi Obat
Penggunaan bersama antidepresan tipe penghambat MAO dapat mengakibatkan krisis hipertensi.

 Saya cuma mau sembuh dari pilek kok resikonya gede banget, sampai bisa merusak hati segala. Tapi memang karena saya mau sembuh dan teringat akan ancaman doi akhirnya saya pun  menenggak obat itu :p

Bagi teman-teman kalo beli obat jangan lupa ya dibaca dulu aturan pemakaiannya ya.
Orangtua sahabat saya menderita gagal ginjal yang mengharuskan dicuci darahnya seminggu sekali. Disinyalir itu terjadi karena orangtua sahabat saya itu terlalu sering minum obat puyer.
Semoga kita bisa lebih bijak ya dalam memilih obat, jangan sampai menghilangkan suatu  penyakit tapi malah mengundang penyakit baru yang lebih berbahaya.

Comments (14)

wah pengertian banget pacarnya.
iya, minum obat yang tidak sesuai aturan malah bisa menimbulkan penyakit,
paman saya dulu juga, terlalu sering minum puyer, bakan tiap hari, hasilnya merusak saluran pencernaan, dan sampai meninggal!
Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

hahhaa
lha itu udah dapat madu nya
sbgai penawar racun
:D

ah memang... obat kimia made in parik tuh memang efek sampingnya gila2an.. hahaha... tapi mau bikin sendiri obat alami dari alam sekitar males.. nah loo bingung... hahaha tidur aja kale ya sapa tau ntar bangun sembuh hahaha

:)

Hm, Nice post.
Terutama bagian terakhir, saya punya orang terdekat yang hobby minum obat puyer, saya harus segera menghentikan kebiasaannya itu!

Ciao!

teori toksikologi yg pernah ku pelajari, racun ama obat cuma beda di dosis. kalo dosis pas,dia bisa jadi obat, tapi kalo kelebihan, dia bisa beracun. jadi keong racun juga gag apa-apa kita panggil keong obat.:)

Benar sekali. Aturan pemakaian dalam mengkonsumsi obat harus betul2 diperhatikan. Jangan sampai obat yang rencananya akan menyembuhkan penyakit kita, eh malah berbalik menjadi racun yang mematikan. Di jaman sekarang, memang kita harus jeli dan waspada dengan apapun jua, termasuk obat2an.

hheee... iya jg ya, racung apa keong ;p

btw, saya jg sekarang menghindari makan obat klo sakitnya ga parah.
yaaah, gimanapun, semoga kita semua sehat2 aja. aamiin

Lhoo... pada dasarnya, obat yang biasa kita minum (yang biasa dikasih dokter) itu adalah racun, karena terbuat dari bahan kimia yang sebenarnya berbahaya. Hanya aja, karena dibuat dengan dosis yang tepat, jadilah "racun yang mengobati". :D Sesimpel itu. ;) Makanya, sebisa mungkin jangan sakit.

emang itu obat apa koq efek sampingnya mengerikan gitu gan :D

ya obat juga bahan kimia. bukan biologis, sehingga bisa merusak fungsi hati jika dipakai berlebih, karena saat obat masuk ke tubuh, ada yang bisa menyembuhkan total, namun, fungsi obat itu sendiri akhirnya tidak terus menjadi obat, bisa menjadi racun, makanya hati menetralkannya. hehehe.

bahaya juga ya ternyata...ckckckckk..

Woh.. kebetulan saya kalau minum obat jarang ngeliat aturan pemakaiannya.. Tapi kalau pas sakit ringan, saya berusaha nggak minum obat... paling makan aja yg banyak, minum susu yg banyak, dan tidur, hehe...

Itulah bro, ndak enaknya sakit. Sudah mahal, obatnya pun ndak enak. Sebaiknya kalau ragu dengan obat bebas yang dijual di apotek, sebaiknya periksakan ke dokter biar mendapat obat yang tepat. Semoga lekas sembuh.

memang benar,mas..obat kalo sesuai takaran,bahkan narkobapun bisa jadi obat yang menyembuhkan...tapi kalo over dosis ya bisa mematikan.makanya sebisa mungkin jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat.seperti kalo lagi pilek,saya cuma minum air putih yang banyak(memang eneg,sih..)dan tidur yang lama ga boleh ada yang gangguin....he..he..

Posting Komentar